Senin, 27 Desember 2010

manusia dan pandangan hidup


Manusia dan pandangan hidup


Pengertian pandangan hidup dan ideologi

Pandangan hidup merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut cara pandang manusia terhadap dunia dan kehidupan. Selain pandangan hidup sebagai konsep yang dimiliki seseorang atau golongan dalam masyarakat yang bermaksud menanggapi dan menerangkan segala masalah di dunia ini. Setiap manusia baik itu wanita, laki – laki, tua, maupun muda memiliki pandangan hidup masing – masing. Pandangan hidup seseorang akan menentukan bagaimana kelak dirinya dan juga menentukan masa depannya Pancasila sebagai sumber pandangan hidup bangsa Indonesia, karena pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang dapat menjadi tolak ukur kebaikan yang berkenaan dengan hal-hal yang bersifat mendasar dan abadi dalam hidup manusia. corak dan kepribadian bangsa berbeda-beda, maka dalam menentukan pandangan hidup tidak bisa meniru bangsa lain, namun disesuaikan dengan kondisi bangsa itu sendiri. Pandangan hidup suatu bangsa belum tentu sesuai bila diterapkan oleh bangsa lain. Dan Al-Quran sebagai sumber pandangan hidup umat yang beragama islam, jika Al-Quran dijadikan pandangan hidup insyaallah hidup kita semua menjadi berkah, AMIN! Al – Quran dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan cara mengadakan pengajian sehingga dapat mengetahui tata cara membaca yang benar dan mengerti isi kandungan Al-Quran.
Pandangan hidup muslim yang bersumber dari Al-Quran yang mengharuskan para umatnya untuk melakukan semua yang diperintahkan oleh ALLAH SWT dan menjauhi semua yang dilarang oleh ALLAH SWT. Selain itu kita dapat mengetahui sesuatu yang di ridhai atau tidak oleh ALLAHSWT. Untuk mencari ridhai dari ALLAH SWT hanya dimiliki oleh orang-orang yang beriman sedangkan orang yang tidak mengenal tuhan dan tidak mengenal agama maka hidup dan pandangan hidupnya sesat.
Ideology adalah kumpulan-kumpulan ide atau gagasan. Macam-macam ideology yaitu ideology politik yaitu sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seharusnya masyarakat bekerja, dan menawarkan ringkasan order masyarakat. Dan Ideologi pancasila, mengapa pancasila dijadikan ideology karena Pancasila memiliki nilai-nilai falsafah mendasar dan rasional. Dan Pancasila telah teruji kokoh dan kuat sebagai dasar dalam mengatur kehidupan bernegara.

Cita – cita

Cita – cita adalah suatu impian atau keinginan seseorang untuk mencapai sesuatu dimasa depan. Contoh cita – cita banyak sekali yaitu ingin menjadi pembisnis, dokter, guru, pilot, dan masih banyak lagi. Setiap manusia berhak mempunyai cita-cita, jangan takut untuk bercita-cita setinggi-tinggi mungkin. Untuk mencapai semua cita – cita itu kita harus berusaha semaksimal mungkin dan bekerja keras yang disertai dengan berdoa kepada ALLAH SWT. Apabila kita mengalami kegagalan atau rintangan janganlah menyerah ataupun putus asa. Jadikan pengalaman dan motivasi selanjutnya dari kegagalan tersebut. Berusahalah terus dan berusaha.

Kebajikan

Kebajikan adalah melakukan suatu kebaikan. Melakukan kebajikan kepada orang lain sama dengan kebaikan untuk diri sendiri. Banyak sekali bentuk ke bajikan yang dapat kita lakukan contohnya jika kita melihat seseorang nenek sedang ingin menyeberang, hendaklah menolongnya atau membantunya menyeberang. Dalam hal melakukan membuat kebajikan kita harus melakukannya dengan ikhlas dan lapang dada. Kebajikan dapat dilakukan oleh setiap manusia. Factor-faktor yang menentukan tingkah laku seseorang :
1. Genetika
2. Sikap adalah suatu ukuran tingkat kesukaan seseorang terhadap perilaku tertentu.
3. Norma sosial adalah pengaruh tekanan sosial.
4. Kontrol perilaku adalah kepercayaan seseorang mengenai sulit tidaknya melakukan suatu perilaku.
Usaha atau perjuangan

Usaha adalah suatu kegiatan untuk menghasilkan sesuatu. Sedangkan perjuangan itu sendiri adalah seluruh kemampuan seseorang untuk mencapai semua yang di inginkan. Jika kita menginginkan sesuatu kita harus berusaha dan berjuang dengan semaksimal mungkin demi tercapainya semua itu. Dan apabila kita mengalami suatu rintangan dalam menggapai sesuatu hendaklah kita jangan mudah berputus asa sebaiknya jadikanlah motivasi kita kedepannya nanti. Di dalam Al-Quran juga disebut bahwa manusia tidak akan memperoleh sesuatu tanpa usaha, selain itu juga manusia hanya akan memperoleh sesuatu apa yang mereka usahakan. Berikut adalah ayat Al-Quran yang menyatakan hal tersebut :
An-Najm (53) : 39
وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَانِ إِلَّا مَا سَعَى
53.39. “ dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya ”

Keyakinan dan kepercayaan

Berikut ini ada tiga aliran filsafat yaitu :
• Aliran Naturalisme
Aliran naturalisme didukung oleh tiga aliran besar yaitu realisme, empirisme, dan rasionalisme. Hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi.
• Aliran intelektualisme
Dasar aliran intelektulisme yaitu logika atau akal. Manusia mengutamakan akal, dan dengan akal tersebut manusia berpikir.
• Aliran Gabungan
Dasar aliran gabungan ini yaitu kekuatan ghaib dan akal.
Keyakinan adalah suatu kepercayaan yang melekat pada diri manusia. Dalam memilih suatu kepercayaan atau keyakinan manusia berhak memilih. Kepercayaan pun sangat diperlukan dalam dunia bisnis karena tanpa kepercayaan bisnis tersebut sulit untuk dijalankan dengan baik.

Langkah – langkah berpandangan hidup yang baik

Manusia pasti memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup dapat di pergunakan sebagai sarana untuk mencapai cita – cita, menciptakan ketentraman dan kesejahteraan. Berikut ini langkah-langkah pandangan hidup yang baik yaitu sebagai berikut :
1. Mengenal
2. Mengerti
3. Menghayat
4. Meyakini
5. Mengabdi

pandangan hidup manusia sendiri itu tidak bisa di lihat oleh dirin ya sendiri tapi melainkan orang lain yang melihatnyaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar